Tuesday, December 15, 2015

Dunia Teknologi di Indonesia Masih Bagaikan Seekor Burung Kecil Yang Baru Belajar Terbang

Santoso S/ Mahoni.com



Gambar oleh Yuli Steffina (Ricky Learns to Fly)

Satu aplikasi seperti “Majalah Indonesia” i.e. http://www.majalah.id/ bisa mengantikan ratusan karyawan yang bekerja di kantor, karena tidak ada lagi keperluan untuk persiapan, packing, pengiriman, administrasi keuangan, ataupun customer servis. Pada saat konsumer mau membeli majalah intisari, semua pembayaran di urus secara automatis oleh itunes atau google, pengiriman e-magazine langsung dari server ke tablet dalam waktu detik. Baik 10 orang konsumen yang membeli majalah intisari ataupun 10,000 orang yang membeli majalah intisari versi elektronik ini semua dikerjakan automatis melalui aplikasi dan sistim teknologi pendukung.

Setiap hari terbit aplikasi yang merubah dunia usaha seperti go-jek dan lainya, tanpa sadar begitu besar pengaruhnya terhadap semua dunia usaha dan ekonomi di Indonesia.
Sektor aplikasi masih baru, mungkin sekitar 3-4 tahun di Indonesia, meskipun masih kecil namun kita bisa lihat sendiri pengaruhnya sangat besar, bahkan bisa merubah industri dan cara bekerja. Yang tidak mungkin sebelumnya sekarang menjadi mungkin.
Bila ini masih bagaikan burung kecil yang masih belajar terbang, apa yang akan terjadi dalam 5 sampai dengan 10 tahun dari sekarang? Silakan posting komentar anda di kolom komentar dibawah ini dan mari kita lihat lagi apakah anda benar di masa mendatang.