Thursday, June 15, 2017

Apa itu UMKM? Bagaimana membantu mereka berkembang?

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Meskipun terdengar tidak keren karena kecil, namun mereka inilah tulang punggung perekonomian negara kita. Menurut data statistik dari BPS, tercatat terdapat 56juta UKM tersebar di seluruh wilayah Indonesia. UMKM jika dikelola dengan baik, akan dapat "naik kelas" - usaha mikro menjadi usaha kecil, kemudian menjadi usaha menengah, dan tidak tertutup kemungkinan usaha mereka akan menjadi semakin besar lagi!

Untuk mengembangkan UMKM, perlu adanya keinginan dari UMKM itu sendiri untuk berkembang, dan tentunya juga upaya dan bantuan dari pemerintah, seperti akses ke pasar, akses ke modal, akses ke teknologi, dll.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan UMKM:
1. Menciptakan  iklim usaha yang kondusif
Cara bantuan dari pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif adalah mengusahakan ketentraman dan keamanan usaha, penyederhanaan prosedur perizinan usaha, keringanan pajak, dll.

2. Memberikan bantuan permodalan
Pemerintah dapat mengupayakan memperluas skema kredit/mengadakan pinjaman khusus dengan persyaratan yang tidak terlalu memberatkan dari sektor jasa keuangan baik formal maupun non formal - termasuk di dalamnya penjaminan kreditnya.

3. Perlindungan usaha
Jenis-jenis usaha tertentu terutama tradisional dan dilakukan oleh golongan ekonomi lemah harus mendapatkan perlindungan dari pemerintah melalui undang-undang maupun peraturan di bawahnya.

4. Pengembangan kemitraan
Perlu dikembangkan kemitraan antar UKM, antara UKM dan pengusaha besar baik dalam maupun luar negeri - untuk menghindarkan adanya monopoli.

5. Pelatihan
Pengentahuan kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan ketrampilan pengembangan usaha, sangat perlu diberikan kepada pelaku UKM. Hal ini juga termasuk adanya lembaga yang dapat membantu mencari solusi atas adanya masalah external/internal yang dihadapi oleh UKM.

6. Mengembangkan sarana dan prasarana
UKM perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk dapat mengembangkan usaha mereka. Pemerintah dapat mendukung dengan menyediakan lokasi usaha bagi UKM pada tempat yang strategis.

7. Pengembangan promosi
Produk UKM perlu mendapatkan dukungan promosi yang baik dan memadai - hal ini penting untuk dapat memperkenalkan produk UKM ke pasar nasional, dan bahkan internasional.

Menyambung poin no. 7, di era digital sekarang ini, cara berpromosi yang efektif adalah dengan memanfaatkan teknologi digital: PROMOSI ONLINE! Banyak media promosi tersedia, dari yang kecil sampai yang besar. Namun, jangan lupa, penting untuk bisa memilih dengan tepat media promosi yang paling sesuai dengan bisnis.

Tentunya untuk perusahaan Indonesia, termasuk juga UKM Indonesia, akan sangat tepat jika memilih berpromosi di Indonesia-Product.com, satu-satunya website promosi yang fokus dalam mempromosikan perusahaan Indonesia. Mau tahu kenapa UKM Indonesia harus mempromosikan usaha mereka di Indonesia-Product.com? Tonton video singkat ini



Hubungi team sales konsultan kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut melalui email ke sales@mahoni.com