Monday, March 27, 2017

TIPS IKLAN EFEKTIF

TIPS IKLAN EFEKTIF


Iklan yang gak nguras kantong doang tapi juga kasih ROI + Income!

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis demi mendapatkan pendapatan atau income. Iklan sudah pasti mengeluarkan anggaran budgeting perusahaan - oleh karena itu, yuk cari tahu bagaimana caranya agar iklan Anda efektif. Secara teori bisnis, promosi merupakan salah satu strategi marketing yang dikenal dengan istilah 4P yaitu:
  • Product / produk
Berupa barang atau jasa yang bisa dinikmati oleh khalayak ramai. Anda dituntut untuk mampu memuaskan pelanggan dengan produk yang Anda tawarkan. Misal produk barang seperti furniture dilihat dari desain dan kualitasnya. Sementara produk jasa seperti tour travel agent dilihat dari service yang Anda berikan kepada pelanggan Anda agar mereka puas.

  • Price / harga
Harga menjadi komponen yang juga sangat dipertimbangkan oleh calon pembeli. Harga harus mampu bersaing dan sesuai pada pasaran yang ada.

  • Place / tempat
Tempat promosi offline tentu saja mudah ditebak yaitu strategis atau tidak. Nah disini saya akan membahas mengenai tempat promosi online. Padahal yang kita tahu, promosi online itu tidak membutuhkan tempat? Kata siapa tidak butuh tempat. Tempat yang dimaksud adalah seperti direktori yang sesuai produk Anda, atau halaman pencarian Google sebagai tempat favorite iklan online yang paling banyak diminati oleh para pelaku bisnis online.

  • Promotion/ promosi
Cara atau teknik seperti apa yang paling efektif untuk Anda. Promosi online yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis seperti SEO, adwords, media direktori, display banner, atau melalui social media seperti instagram dan facebook. Untuk SEO dan adwords sudah pernah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya. Kali ini akan dibahas tips bagaimana memilih direktori yang pas dan efektif untuk usaha bisnis Anda:

Pilih direktori yang sesuai pada kategori produk yang Anda tawarkan jika produk Anda adalah furniture ekspor maka portal www.indonesia-furniture.com sangat cocok untuk Anda. Untuk itu Anda perlu membuktikan sendiri kekuatannya di Google. Sesuai dengan ekspor, maka kata kunci yang pas seperti “furniture from indonesia” dan terbukti website direktori furniture ini muncul dihalaman satu Google.
Dan apabila produk Anda adalah jasa tour travel agent dengan target turis asing, maka portal yang cocok untuk Anda adalah www.indonesia-tourism.com karena portal ini adalah media favorite para turis untuk mengetahui segala informasi dari setiap destinasi wisata di 33 provinsi di Indonesia. Selain itu juga bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris sehingga memudahkan turis asing menjelajah website tersebut untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

By : Ita (sales@mahoni.com)