Monday, November 07, 2016

Wonderful Indonesia - untuk dukung bisnis pariwisata!

DAHSYATNYA WONDERFUL INDONESIA


Wonderful Indonesia, slogan promosi pariwisata Indonesia. Kalimat ini benar-benar digalakkan oleh Kementrian Pariwisata dalam mempromosikan kekayaan pariwisata Indonesia. Dalam menjalankan promosi ini tidak sedikit biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Mari kita kulik sedikit promosi apa saja yang telah dilakukan pemerintah dalam rangka menduniakan jargon  “WONDERFUL INDONESIA” berikut ini:

Digital board Wonderful Indonesia muncul di LA LIGA ESPANA Spanyol yang ditayangkan secara live oleh stasiun televisi di seluruh dunia. Belum lama juga terlihat Wonderful Indonesia menghiasi  400 Taxi di London, menampilkan keindahan Bali, Lombok, Bromo, Danau Toba, beserta adat dll.

Jalur exhibition juga telah banyak ditempuh oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Terhitung pada bulan Maret 2016 Indonesia aktif berpartisipasi pada NATAS travel fair Singapore, India International Travel mart, San Fransisco Travel and Adventure show, Internationale Tourismus Borse Berlin, MATTA Fair Kuala Lumpur, Hongkong Flower Festival, dan Cruise Shipping Miami di Fort Lauderdale AS. Dan juga Asia Dive Expo (ADEX) pada bulan April di kawasan Asia dan Australia. Dan masih banyak lagi antara lain di wilayah Eropa dan Timur Tengah.

Belum lagi pemasangan TVC di 30 channel Internasional seperti FOX Channel, CNN International, BBC World, dll). Berapa banyak dana anggaran promosi Wonderful Indonesia yang sudah di gelontorkan oleh pemerintah?

Sayangnya, para pelaku bisnis tour travel Indonesia belum banyak yang menyadari dahsyatnya kalimat “WONDERFUL INDONESIA”. Kebanyakan pelaku bisnis tour travel agent lebih fokus pada pada pariwisata luar negeri, dalam artian mengedepankan peserta wisatawan domestik untuk dibawa ke luar negeri. Ini benar-benar jauh dari ekspektasi dalam menduniakan kalimat “Wonderful Indonesia”

Result dari search engine Google, kata kunci “Wonderful Indonesia” ternyata tidak ada satupun tour travel agent swasta di Indonesia yang benar-benar memaksimalkan kata kunci ini. Hanya terdapat website official Indonesia.travel milik pemerintah. Satu-satunya website milik swasta yang mampu menembus kata kunci wonderful Indonesia hanyalah www.indonesia-tourism.com

Di portal www.indonesia-tourism.com semua tour travel agent memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mempromosikan paket tour domestik mereka ke seluruh dunia. Diketahui saat ini jumlah page atau halaman website Indonesia-tourism.com sudah mencapai 1juta lebih pages di Google. Pencapaian yang luar biasa!

Portal ini menyediakan informasi lengkap destinasi wisata dari 33 provinsi di Indonesia. Artikel disediakan dalam bahasa inggris guna memudahkan turis asing yang berkunjung ke portal ini. Setiap harinya banyak sekali email masuk dari turis asing yang menanyakan paket tour kepada team Indonesia-tourism.com, namun sekali lagi bahwa Indonesia-tourism.com adalah media promosi, sehingga email inquiry yang menanyakan paket tour pasti dilempar ke member yang beriklan di portal ini. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi team marketing indonesia-tourism di  sales@mahoni.com.

Source: Indonesia-tourism.com

Article by: Ms. Ita (Mahoni.com)